SDM

NAMA            : JIMMI

JURUSAN       : AKUNTASI

NO. HP           : 087886354282

EMAIL           : badboyzjimmi@yahoo.com

FB                   : innocentboy@rocketmail.com

WEBSITE     : cerdiknet.wordpress.com

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI

BINA BANGSA BANTEN

TANGGERANG

2010

KATA PENGANTARA

Penulis mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan rahmat-Nya makalah ini akhirnya dapat di selesaikan.

Tak lupa saya mengucapkan rasa terimakasih kepada bapak Dicky selaku dosen pembimbing dan pengajar yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan dan petunjuk selama proses penyelesaian tugas makalah ini.

Sumber Daya Manusia yang menjadi kunci untuk suatu perusahaan agar dapat bersaing. Sumber Daya Manusia yang andal tentunya dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan.

Sumber Daya Manusia yang andal harus dapat di kelola dengan baik karena jika tidak, Sumber Daya Manusia akan menjadi percuma. Salah satunya bagian HRD ( human resource development ) untuk mencari Sumber Daya Manusia yang andal.

Makalah ini akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia ( Pekerja / Karyawan ) yang bertujuan untuk menjembatani kepentingan perusahaan.

Tangerang, April 2010

Jimmi

DAFTAR ISI

1. Departemen Sumber Daya Manusia

2. Peran dan Fungsi Departemen Sumber Daya Manusia

3. Tujuan Departemen Sumber Daya Manusia

4. Analisis Perusahaan

5. Kesimpulan

6. Daftar Pustaka

Departemen Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia dapat di defenisikan sebagai ” Keseluruhan penentuan dan pelaksanaan berbagai aktivitas, policy, dan program yang bertujuan agar mencapai tujuan yang di harapkan oleh seseorang atau perusahaan.

Dalam Perusahaan sebagai sebuah organisasi memiliki dua permasalahaan dalam menjalanka fungsi dan tujuannya, yakni permasalahan internal dan eksternal. Permasalahan internal adalah permasalahan yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri. Sedangkan permasalahan eksternal adalah permasalahan yang terjadi, yang di pengaruhi oleh faktor dari luar perusahaan, misalnya kebijaksanaan pemerintah di bidang politik, ekonomi, hukum, semakin tumbuhnya kesadaran konsumen dan tingkat persaingan yang ketat.

Persaingan antar perusahaan dalam menjalankan fungsi dan tujuannya, mengharuskan perusahaan memiliki setidaknya tiga hal :

1. Modal

2. Teknologi

3. Sumber Daya Manusia.

Yang akan kita bahas hari ini adalah Sumber Daya Manusia. Sumber Daya Manusia mutlak di perlukan sebagai instrumen penting dalam menjalankan roda perusahaan untuk mencapai tujuan yang di harapkan. Sumber Daya Manusia atau karyawan yang bekerja berdasarkan keahliannya agar dapat bekerja dengan maksimal. Di karenakan setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan pasti mempunyai ide-ide, keinginan-keinginan, kebutuhan, dan ambisi yang berbeda. Oleh sebab itu suatu perusahaan harus dapat mengelolah dengan baik khususnya bagi HRD agar dapat mengumpulkannya  menjadi satu inti sari  agar dapat di terapkan di perusahaan dan juga HRD dapat  mengayomin karyawan agar tidak terjadi konflik akibat dari perbedaan tersebut.

Perencanaan dan Fungsi

Departemen Sumber Daya

Manusia

Tidak dapat dipungkiri, persaingan antara satu perusahaan dan perusahaan lain saat ini semakin ketat persangan sehingga mau tidak mau atau suka tidak suka, setiap perusahaan harus melakukan perencanaan pada Sumber Daya Manusia yang andal agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menyikapi persaingan yang terjadi. Misalnya menambahkan satu atau beberapa departemen pada suatu perusahaan contoh depatemen yang perlu di tambahkan adalah legal officer. Posisi ini di bentuk agar dapat melindungin kepentingan perusahaan. Kepentingan perusahaan harus senantiasa di jaga karena banyak terjadi persaingan tidak sehat sehingga adanya posisi legal officer yang dapat menanganinya karena legal officer memahami dokumen-dokumen yang diperlukan dan langkah-langkah hukum yang harus di tempuh jika perusahaan mengalami masalah hukum.

Departemen Sumber Daya Manusia juga mempunya fungsi yaitu ” sebagai pemegang kunci agar dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan yang strategis dan menguntungkan. Semua itu dapat terwujud dari sumber manusia yang andal yang bekerja sesuai dengan kemampuan atau keahlihan yang di miliki oleh karyawan (SDM).

Contoh Sumber Daya Manusia yang Kurang Andal, manager pada bagian produksi mempunyai ide agar membeli bahan baku dengan kualitas rendah agar dapat menekan biaya produksi dengan serendah mungkin tetapi pada umumnya kualitas yang rendah ini tidak mempunyai kualitas yang baik seperti cepat rusak dan lain sebagainya dan sudah merupakan kewajiban perusahaan untuk mengantikannya. Pengantian tersebut merupakan kerugian yang menimbulkan biaya tambahan bagi perusahaan dari segi finansial dan nama baik.

Namun ada juga tugas utama bagi departemen Sumber Daya Manusia (pekerja) adalah menyediakan tenaga kerja yang dapat memberikan efek timbal balik, yakni memberikan rasa puas bagi perusahaan dan memberikan rasa puas bagi pekerja terhadap perusahaan. Fungsi dari Departemen Sumber Daya Manusia adalah sbb :
1. Strategi
2. Tujuan
3. kebijakan
4. peraturan
5. pemberi saran
6. pemberi layanan

Tujuan Departemen Sumber Daya Manusia

Tujuan departemen Sumber Daya Manusia adalah memberikan kenyaman kepada karyawan dan memberikan penghargaan atas segala sesuatu yang di perbuat oleh karyawan tersebut agar tingginya tingkat pergantian tenaga kerja setiap tahun dapat di kurangin namun ada 2 faktor yaitu,

1. akibat hubungan kerja sama antara perusahaan dengan pekerja atau di sebut kontrak kerja, oleh sebab itu kontrak dalam suatu perusahaan dapat menghambat pertumbuhan perusahaan.

2. karena ketidak nyamanan pekerja di suatu perusahaan, ini yang harus kita atasi atau perbaik in agar perusahaan tidak kehilangan karyawan-karyawan yang andal contoh permasalahannya adalah tidak adanya pembagian tugas yang jelas.

3. tidak adanya penghargaan terhadap karyawan dll.

Namun setiap pekerja atau karyawan pada suatu perusahaan memiliki 3 tujuan sosok pekerja / karyawan yakni,

1. Mencari uang

2. mengejar Karir

3. Mencari pengalaman kerja

setiap tujuan tersebut memiliki arti dan tujuan hidup yang berbeda-beda.

ANALISIS PADA LYSON & ASSOCIATES

Menurut analisis saya pada LYSON & ASSOCIATES cukup bagus dan SDM di

Perusahaan tersebut dapat berkembang dan di berikan tanggung jawab masing

-masing, di karenakan pada LYSON & ASSOCIATES setiap karwayan di berikan

pelatihan berupa beasiswa bagikaryawannya yang ingin kuliah, bimbel tentang

perpajakan dll.

Oleh sebab itu setiap karyawan mempunyai pengetahuan di bidang perpajakan

dan semua karyawannya memiliki gelar minimal S1 Dan 1 hal yang bisa di bilang unik

di karena karyawan pada perusahaan LYSON &ASSOCIATES semua karyawan

berasal dari MEDAN dan pemilik nya juga berasal dari mana, semua karyawan

mempunyai hubungan dekat dengan bos oleh karena itu LYSON & ASSOCIATES

bisa di katakan perusahaan keluarga yang maju pesat yang di irintis oleh suami istri

dan berasal dari medan.

KESIMPULAN

Sumber Daya Manusia sangat di butuh kan oleh setiap perusahaan baik yang mempunyai keahlian bahkan yang tidak mempunya keahilan sama sekali, perusahaan dapat di lihat berkembang dan maju dengan karyawan (pekerja) yang berkerja di perusahaan tersebut apabila karyawan tersebut makmur dan sukses maka perusahaan tersebut dapat kita katakan sukses atau berkembang dan juga karyawan yang sudah bekerja bertahun-tahun berarti perusahaan tersebut memberikan sesuatu tanggungjawab yang semestinya di berikan kepada karyawan dan sebaliknya.

REFRENSI

1. Buku SMART HRD : Perusahaan tenang karyawan senang.

Jimmy joses sembiring, SH, M.Hum

2. Jimmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: